Sabtu, 14 April 2012

C25B #part 1


Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Bissmilahirahmanirahim..
     Apa kabar sahabat KIR MANSABA ? Semoga tetap sehat, tetap semangat, dan tetap keren pastinya Amin J Allhamdulillahirabbil A’lamin,  KIR MANSABA telah menyelenggarakan kegiatan C25B (CERDAS CERMAT 5 BIDANG), teman-teman penasaran kan, apa itu C25B ?



                       
                        C25B ialah kepanjangan dari Cerdas Cermat 5 Bidang mencangkup Sains, IPS, Agama, Bahasa dan Umum. Sebuah cerdas cermat yang menantang para pesertanya untuk menguasai ke-lima bidang bukanlah hal yang mudah. Begitu pula mencari orang-orang hebat yang mampu menguasai ke-lima bidang tersebut dibutuhkan proses yang cukup panjang untuk mendapatkannya. Maka, dalam proses pelaksanaannya sendiri, dilakukan 2 tahap. Adapun tahap pertama, yaitu tahap penyisihan. Tahap penyisihan ini dilakukan dengan mengisi soal ujian tulis bagi tiap kelompok, dan kelompok dengan nilai 4 tertinggi berhak maju ke babak final. Dan Sabtu, 7 April 2012 telah dilaksanakan tahap penyisihan yang diikuti oleh 11 kelompok dan pada hari itu juga telah didapatkan 4 kelompok dengan nilai tertinggi yang akan masuk ke babak final yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 28 April 2012 bertempat di Aula PSBB MAN 1 Bandung. Pada babak final nanti, telah disiapkan berbagai macam tipe soal baik soal bertipe spesimen, analisis, menjodohkan dan masih banyak lagi.
     Acara ini diselenggarakan pada tanggal 7 April 2012 di Aula PSBB MANSABA, dimulai pukul 10.30 WIB, cerdas cermat ini terbagi dalam 2 tahap, yaitu tahap penyisihan dan final, dan C25B #part 1 ini merupakan tahap penyisihan. C25B termasuk kedalam acara       “I-Know”, dan peserta yang berpartisipasi dalam acara ini sebanyak 27 peserta terdiri dari kelas X dan XI,yang terbagi kedalam 9 kelompok.
     Sebelum kami memulai acara C25B, terlebih dahulu kami melakukan Technical Meeting pada tanggal 5 April 2012. Jumlah soal keseluruhan sebanyak 50 soal,dengan jumlah 10 soal setiap bidang . Dan durasi waktu pengerjaan soal selama 150 menit.
     C25B #part 1 berlangsung dengan tertib, seluruh peserta mengikuti peraturan lomba dengan baik. Sebelum waktu tepat 150 menit, peserta telah mengumpulkan hasil soal yang telah mereka kerjakan, dan kami akan memberitahukan hasil peserta yang lolos kedalam tahap final, 1 jam kemudian setelah break sholat dzuhur, dan makan siang.
     Dan hasil C25B #part 1 telah siap untuk diumumkan, setelah seluruh peserta berkumpul kembali, pembawa acara mengumumkan 4 group yang lolos ke tahap final. Suasana dalam ruangan berubah menjadi tegang, dan terlihat wajah peserta yang sudah tidak sabar mengetahui hasilnya, hihi ^-^..  akhrinya hasil pun diumumkan, group yang lolos adalah group 1,6,7,dan 8 , wah..selamat ya untuk group yang masuk final.


Gambar . Para Finalis yang Lolos ke Babak Final

        Waktu menujukan jam 14.00 WIB C25B #part 1 telah berjalan dengan lancar Alhamdulillah J. Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam acara C25B ini, dan tak lupa kami ucapkan selamat kepada group yang lolos ketahap final, terus ditingkatkan ya prestasinya, J dan bagi teman-teman yang belum lolos, terus berusaha, dan jangan patah semangat, ini hanyalah kemenangan yang tertunda sahabat  karena pada umumnya, teman-teman yang terhimpun dalam acara ini, merupakan teman-teman yang memiliki keinginan tinggi, dan teman-teman semua adalah para pemenang ..
         Pada babak final yang akan diselenggarakan 2 minggu ke depan, panitia akan menghadirkan 3 juri yang sangat hebat dan dari bidang yang berbeda tiap jurinya. Juri yang pertama yaitu perwakilan dari bidang Sains, yang ke-dua dari IPS dan juri yang ke-tiga dari bidang agama. Juri-juri yang dihadirkan ialah juri yang sangatlah hebat dalam bidangnya masing-masing. Karena, acara yang hebat tidaklah lepas dari orang-orang yang hebat pula.
            Dalam pelaksanaannya, terdapat 3 sesi dalam menjawab pertanyaan. Sesi yang pertama ialah tiap kelompok menjawab soal wajib dari juri yang sebelumnya perwakilan tiap kelompok mengambil amplop yang telah disediakan. Dan yang kedua yaitu sesi rebutan, maka tiap kelompok berhak menjawab soal dengan sistem siapa yang pertama, maka ia yang berhak menjawab. Dan yang terakhir, sesi ujian ketok. Dalam sesi ujian ketok ini, tiap kelompok harus menjawab soal yang ada di meja dengan waktu yang telah ditentukan, dan berpindah ke meja yang lain setelah ada bunyi “ketokan” dan begitu seterusnya. Dalam sesi ujian ketok ini, soal yang disiapkan ialah soal dengan bentuk spesimen. Dan setelah sesi terakhir dilaksanakan, maka didapatlah 3 pemenang yang sangat luar biasa.
Akhirul Kalam..
Wabillahitaufik Walhidayah Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh…

Sampai bertemu lagi di C25B #part 2.

Leave a Reply

 
 

Followers

Penulis

Foto saya
Bandung/Jawa Barat, Indonesia
M.I.T (Mansaba Idea Team) sebuah tim yang dibentuk untuk sebuah perlombaan blog terkreatif yang dilaksanakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia.