Jumat, 13 April 2012

Penggunaan Komputer

       


Komputer, Laptop, Notebook. Siapa di dunia ini yang tak mengenal komputer? Ya, mungkin hanya beberapa segelintir orang yang tidak mengetahuinya. Komputer adalah alat yang mengagumkan, ia dapat menghitung, menyimpan, dan mencari informasi yang kita butuhkan. Komputer bekerja dengan menggunakan microchip, yang merupakan 'otak' dan ingatannya. (Ensiklopedia Sains).
             Tak bisa dipungkuri, mungkin di seluruh penjuru dunia, tiap orang membutuhkan alat canggih ini, baik hanya untuk sekedar main-main menghilangkan rasa jenuh atau pun untuk mengerjakan sebuah tugas. Komputer sangat dibutuhkan untuk setiap orang, namun karena bentuknya yang sangat besar dan sulit untuk dibawa kemana-mana, maka pada tahun 1970-an Adam Osborne mengemukakan gagasan nya tentang portabel komputer (atau yang lebih dikenal dengan laptop) membuat dunia dewasa ini dijamuri oleh laptop atau pun notebook. Mulai dari anak kecil hingga ornag dewasa, pasti menggemari salah satu alat canggih ini, selain ringan dan tidak sulit untuk dibawa alat ini juga mampu membantu kebutuhan pengguna sehari-harinya. 
              Begitu pula dengan kalangan kaula muda, baik itu mahasiswa atau pun pelajar-pelajar seperti di SMA-SMA pada umumnya, laptop bukan lagi barang yang "wah" namun barang yang mudah dijumpai diberbagai tempat. Bahkan ada beberapa sekolah yang menganjurkan tiap muridnya untuk mempunyai laptop, sebagai sarana pendidikannya di sekolah.
              Sebenarnya sekolah juga memberikan sarana bagi para muridnya, yakni dengan menyediakan sebuah LAB KOMPUTER, salah satu fasilitas dan sarana yang disediakan oleh pihak sekolah untuk menunjang akademik dan proses belajar para muridnya, contohnya di MAN 1 Bandung ini, terdapat dua lab komputer yang disertai printer dan hotspot area ini. 


       Dalam proses belajar para murid dituntut untuk dapat menggunakan komputer, hal ini disebabkan karena mungkin beberapa tugas yang menuntut mereka yang mau tidak mau hanya komputer lah sang dewi fortuna. Seperti halnya, membuat essay, menyelesaikan tugas makalah, menghitung data statiska, atau pun tugas seni musik dan gambar yang dapat ditunjang dengan berbagai software yang ada di komputer tersebut. 




           Bukan hanya untuk mengerjakan tugas saja, komputer juga  dapat menghibur para siswa ketika tidak ada guru (mengisi waktu luangnya) seperti bermain game, mendengarkan musik, menggambar, atau pun hanya sekedar surfing di internet. 


          Semuanya dapat dilakukan dengan komputer, laptop, atau pun notebook. Namun terkadang para siswa ini tidak sadar dengan waktu, mereka bisa berjam-jam mengahabiskan waktunya di depan layar monitor, hal ini dapat membuat komputer rusak juga padahal maksimal penggunaannya hanya sekitar tiga atau empat jam saja. Bukan hanya sistem operasi pada komputer yang akan mengalami erro/hang saja, tetapi hal ini dapat menimbulkan rasa sakit perih pada mata karena pantulan cahaya dari layar monitor tersebut. Untuk itu, meski tugas numpuk bejibun, atau pun sedang asyik menamatkan level game, kita harus dapat memperhatikan sendiri kondisi kita sendiri dan komputer, laptop, atau pun notebook, secanggih apa pun alat itu pasti akan ada sesuatu kelemahannya. 

Leave a Reply

 
 

Followers

Penulis

Foto saya
Bandung/Jawa Barat, Indonesia
M.I.T (Mansaba Idea Team) sebuah tim yang dibentuk untuk sebuah perlombaan blog terkreatif yang dilaksanakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia.