Kamis, 19 April 2012

Say YES to AC or say NO to AC?


            Air Conditioner atau yang lebih sering dikenal dengan AC ialah alat elektronika yg dapat menyejukkan sebuah ruangan agar udara didalam ruangan tersebut menjadi bersih dan sejuk. Sahabat, adakah diantara kalian yang tidak suka dengan AC? Baiklah, pada tulisan kali ini, saya akan memaparkan beberapa keunggulan dan kekurangan penggunaan AC di ruangan.
            AC dirasa perlu digunakan bagi kondisi dimana ruangan tidak memunkinkan untuk mendapatkan sirkulasi udara yang cukup, maka AC akan sangat membantu. Kemudian pada kondisi dimana suatu bangunan berada di area industri yang penuh dengan debu serta bau tidak sedap, dan masih banyak lagi. Sahabat, berikut ini adalah kelebihan dari penggunaan AC (sumber : http://www.arsindo.com/artikel/seputar-ac/) :
1.      Bisa mengatur suhu udara serta kelembaban suatu ruangan hingga kita tidak merasa “gerah”
2.      Dengan adanya fungsi filter pada AC serta teknologi saat ini, maka udara yang dihasilkan akan lebih bersih. Lebih bebas bakteri dan partikel debu dibandingkan jika tidak menggunakan AC.
3.      Kondisi suhu yang bisa kita atur sesuai dengan titik dimana kita merasa nyaman.

Selanjutnya, kekurangan dari penggunaan AC itu sendiri apa ya Sahabat? Berikut merupakan pemaparannya :
1.      Konsumsi listrik yang menyebabkan membengkaknya anggaran rumah tangga atau perusahaan ataupun sekolah
2.      Dampak lingkungan yang kurang baik, karena kandungan CFC nya
3.      Menyebabkan kulit menjadi kering
4.      Memicu obesitas, dikarenakan orang yang menggunakan AC lebih sering diam tanpa melakukan aktifitas
5.      Membuat virus mudah menyebar dalam ruangan


Nah, seperti itulah sahabat kelebihan dan kekurangan penggunaan AC di dalam ruangan. Adapun penggunaan AC di dalam kelas menurut saya kurang begitu efektif, karena lebih banyak merugikannya dibandingkan dengan kelebihannya, terbukti di kelas listrik sering mati, dikarenakan dayanya yang tidak kuat setelah pemasangan AC, selain itu teman-teman di kelas sering tertular flu dari teman yang lain dikarenakan siklusnya yang menetap, dan masih banyak lagi kerugian yang kami rasakan dengan dipasangnya AC di dalam kelas.
Itu pendapat dari kami, sahabat. Menurut sahabat sendiri bagaimana ya? Say yes to AC or say no to AC? Kalu saya sih dengan tegas akan mengatakan “Say no to AC in class room”.  Meski di kelas saya menggunakan  AC hhe J

Leave a Reply

 
 

Followers

Penulis

Foto saya
Bandung/Jawa Barat, Indonesia
M.I.T (Mansaba Idea Team) sebuah tim yang dibentuk untuk sebuah perlombaan blog terkreatif yang dilaksanakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia.