Sabtu, 14 April 2012

Hotspot MAN 1 Bandung

 Gambar : Menara Hotspot MAN 1 Bandung

                  
              Ada yang tau hotspot? ya mungkin hanya segelintir orang yang tak mengetahui apa itu hotspot. Hotspot dikalangan remaja khususnya kita-kita anak SMA lebih mengenal hotspot dengan sebutan internet-an gratis, beberapa remaja malah ada yang tidak mengerti apa arti hotspot itu sendiri. 
                   Hotspot adalah suatu area dimana internet dapat diakses dengan menggunakan gadget yang telah dilengkapi dengan Wireless Fidelity (Wifi). Wifi adalah standar yang dibuat oleh perusahaan produsen piranti WLAN. Hotspot ini merupakan suatu area terjangkau oleh layanan telekomunikasi secara nirkabel (wireless/tanpa kabel). (sumber: perpustakaan lapan)


Gambar : Menara Hotspot MAN 1 Bandung

                  Nah, alhamdulillah MAN 1 Bandung ini memiliki menara area hotspot (Wireless Access Point) meski pada tahun 2000 menara ini hampir fatal tidak bisa digunakan kembali atas usaha Bpk. Abidin, akhirnya menara ini dapat berfungsi dan berjalan seperti sedia kala. Terdapat kurang lebih 4 area hotspot di MAN 1 Bandung ini, tentunya dengan password IP yang berbeda-beda pula, seperti Hotspot Pusat (KepMad), Hotspot Guru MAN 1 Bandung, Hotspot Ruang Rapat (PSBB), dan tentunya ada suatu tempat dimana hotspot ini berjalan dengan koneksi yang bikin gigi kita nyengir  ketika surfing di internet.. yaitu Hotspot DPR (Dibawah Pohon Rindang) daerah ini adalah tempat favorit siswa siswi MAN 1 Bandung yang akan berselancar di dunia maya, tidak hanya di DPR, di dekat LABKOM dan LAB Science pun sama koneksi cepatnya.




              Fasilitas hotspot yang diberikan oleh pihak sekolah tak lain adalah untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang dilakukan para siswa dan guru, misalnya untuk mencari tugas-tugas, melihat info terkini di dunia luar dan masih banyak lagi.
                 Tetapi tak bisa dipungkuri pula, sebagian dari para siswa menyalah gunakan kesempatan ini, misalnya ketika belajar karena ditugaskan untuk mencari tugas lewat internet, mereka pun menyelam sambil minum air yaitu yupp.. membuka situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, tumblr, plurk, ym, dan lain-lain. Untuk sementara ini pihak sekolah belum bisa memblokir situs-situs yang dapat mengganggu konsentrasi dan membahayakan bagi para siswa di Mansaba ini, namun seharusnya para siswa dapat mengontrol dirinya kapan harus memanfaatkan fasilitas ini untuk tugas, kapan pula dapat menikmati fasilitas ini untuk sejenak merasakan hiburan. Yah, semuanya kembali terhadap sikap kita sebagai para siswa untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh pihak sekolah.  



Leave a Reply

 
 

Followers

Penulis

Foto saya
Bandung/Jawa Barat, Indonesia
M.I.T (Mansaba Idea Team) sebuah tim yang dibentuk untuk sebuah perlombaan blog terkreatif yang dilaksanakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia.