Selasa, 26 Juni 2012

Muda , Cerdas dan Berprestasi


by Khoerunissa Nurmala (XI-IPA 1)

OLIMPIADE PERGURUAN TINGGI KEDINASAN
SE – INDONESIA
DI SEKOLAH TINGGI KESEJAHTERAAN SOSIAL

Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) merupakan sebuah pesta olahraga yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Kedinasan (FMKI). Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan, dimana penyelenggaraannya ditentukan pada saat kongres FMKI. Olimpiade PTK mempertandingan cabang olah raga yang telah disepakati bersama melalui rapat kongres FMKI.
Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK)  dimulai pada tahun 2009 di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), kemudian pada tahun 2010 diadakan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) dan pada tahun 2011 di Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN). Kemudian Tahun 2012, Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK)  diselenggarakan di Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung yang mengusung tema kegiatan adalah “SPIRIT, FRIENDSHIP AND CELEBRATION”, dengan tujuan : Mengembangkan kompetensi Taruna atau Mahasiswa PTK terutama dalam bidang olah raga dan seni, Menjalin tali silaturahmi antar PTK, Menumbuhkan jiwa sportifitas, dan Meningkatkan eksistensi PTK dikalangan masyarakat, khususnya dibidang olah raga.

Kegiatan OPTK ini diikuti oleh 1524 orang dari 15 PTK se-Indonesia, yaitu
1.       STKS (Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung),
2.       IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri Bandung),
3.       STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Jakarta),
4.       AMG (Akademi Meteorologi dan Geofisika),
5.       STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran),
6.       STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia ),
7.       STP (Sekolah Tinggi Perikanan),
8.       STIA-LAN (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi – Lembaga Adminsitrasi Negara),
9.       STPN (Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional),
10.   STTT (sekolah Tinggi Teknologi Tekstisl),
11.   STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara),
12.   AKIP (Akademi Ilmu Pemasyarakatan) ,
13.   STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat),
14.   STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik),
15.   STTN (Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir).
Sedangkan cabang olahraga yang dipertandingkan adalah 13 cabang, yakni
a.       Volley,
b.      Basket,
c.       Tenis Meja,
d.      Tenis Lapangan,
e.      Catur,
f.        Bilyard,
g.       Renang,
h.      Bulu Tangkis,
i.         Scrable,
j.        Bridge,
k.       Futsal,
l.         Panjat Tebing dan
m.    Atletik.
Pada kegiatan OPTK ini, STSN sebagai salah satu peserta mengikuti seluruh cabang yang dipertandingkan dengan memberikan hasil yang cukup menggembirakan. STSN berhasil memenangkan juara ke-III pada cabang olahraga FUTSAL.
Tim FUTSAL STSN berhasil masuk keperempat final setelah mengalahkan STPN, kemudian berhasil mengalahkan STIP dan berhasil masuk semi final bertemu dengan STAN. Dan pada pertandingan ini STSN belum berhasil mengalahkan STAN. Namun STSN masih berkesempatan merebutkan juara ke-III berhadapan dengan IPDN. Dan tim FUTSAL STSN berhasil mengalahkan IPDN dan memenangkan juarake-III FUTSAL dalam kegiatan OPTK se-Indonesia

Berikut ini adalah foto penyerahan medali dari panitia OPTK STKS kepada TIM FUTSAL STSN
 Gambar2Prosesipenyerahanmedaliperunggudaripanitia OPTK STKS
 Gambar3 TIM FUTSAL STSN dengan medali Perunggunya


STSN……
KAMI BANGGA…
KAMI BERSAMA…
KAMI DISIPLIN…
KAMI SUKSES…
Itulah motto pemuda-pemuda yang kesehariannya berkutik dalam bidang keamanan informasi. Selain telah terbukti dalam bidang akademik yang membawa harum nama STSN sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan yang tidak pernah absen dalam seminar-seminar ilmiah tentang keamanan baik yang bertaraf nasional maupun internasional baik yang diadakan MENKOMINFO maupun universitas-universitas lain. Menjadi pembicara di konferensi-konferensi yang dihadiri para pakar informasi dan network security. Selain itu pun karya-karya pemuda-pemusi STSN ini telah banyak digunakan dalam bidang persandian diseluruh tanah air juga pusat komunikasi Indonesia yang berada di luar negeri.
Bidang keagamaan pun tak terlepas dari kehidupan STSN guna membentuk karakter-karakter insan persandian yang bertaqwa kepada Tuhan YME dan berkehidupan sosial yang baik kepada sesama manusia.

One Response so far.

  1. Unknown says:

    mantab, makasih buat artikelnya..

Leave a Reply

 
 

Followers

Penulis

Foto saya
Bandung/Jawa Barat, Indonesia
M.I.T (Mansaba Idea Team) sebuah tim yang dibentuk untuk sebuah perlombaan blog terkreatif yang dilaksanakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia.