Kamis, 19 April 2012

Proyektor, Gaya atau Kebutuhan?

sumber : Wikipedia


Ada yang tidak tahu apa itu proyektor? mungkin sebagian kalangan anak remaja mengetahui proyektor dengan sebutan infocus, padahal nama aslinya adalah proyektor namun diawak kemunculannya merk infocus inilah yang terkenal. Proyektor adalah sebuah alat sebuah alat optik yang digunakan untuk menampilkan gambar di sebuah layar proyeksi atau permukaan serupa.(wikipedia)


Banyak sekali jenis proyektor yang telah dibuat oleh tangan-tangan kreatif manusia di bumi ini. Nah, biasanya nih disekolah-sekolah terutama di MAN 1 Bandung ini menggunakan proyektor LCD. Proyektor LCD adalah salah satu jenis proyektor yang mampu menampilkan gambar-gambar, video, foto atau pun sebuah dokumen/data pada komputer ke sebuah layar proyeksi. Bermacam-macam merk proyektor LCD pun tersedia disini, namun hanya beberapa kelas di Mansaba ini yang memiliki fasilitas langsung siap bisa menggunakan proyektor LCD ini dengan layar proyeksi yang sudah terpasang, misalnya di Ruang Multimedia 1 & 2, serta beberapa kelas unggulan di Mansaba ini. 


Tapi, tak perlu khawatir kelas-kelas lain pun bisa dan sudah biasa menggunakan proyektor LCD ini meski di kelasnya tak terpasang layar proyeksi. Mereka dapat meminjamnya ke ruang wakamad di lantai 2, dengan mengisi beberapa form dan proyektor tersebut bisa digunakan untuk penunjangan proses belajar mengajar mereka. Tapi, terkadang ada beberapa siswa yang telat mengembalikannya, sehingga apabila ada kelas lain yang ingin memakai proyektor tersebut terhambat. Proyektor di Mansaba ini memang cukup terbatas, jadi kalau mau pinjam harus curi-curi start lebih awal sebelumnya.


Alhamdulillah, kelas yang saya tempati adalah salah satu kelas yang dimana sudah terpasang dan melekat proyektor LCD serta layar proyeksinya. Jadi, mempermudah kami dalam melaksanakan proses belajar, tak bisa dipungkuri pula kalau proyektor itu menjadi sebuah kebutuhan di kelas karena ada beberapa guru yang menyampaikan materi membutuhkan si proyektor ini, serta kami pun terkadang mesti melakukan presentasi 

















dalam proses belajar dan dalam hal ini kami membutuhkan proyektor sehingga pembelajaran lebih efektif dan cepat untuk mata pelajaran tertentu. Tapi karena hal ini pula, teerkadang proyektor ini hanya dijadikan sebagai sebuah hiasan atau pun pajangan di kelas, saat tak ada satu pun mata pelajaran yang memerlukan proyektor ini, jadi untuk sekedar hiburan disela-sela tak ada guru proyektor sering digunakan untuk nonton bareng di kelas, hhe 


Akan tetapi, saat seorang guru gaya mengajar hanya menerangkan melalui presentasi kami terkadang meras jenuh pula, karena ini pun dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mata kami, pagi sampai sore hanya menatap layar proyeksi saja haduhhh... Jadi seorang guru harus mengusahakan jangan monoton menggunakan proyektor melulu, perlu divariasikan dengan media pembelajaran lainnya misalnya pembelajaran di alam terbuka, atau pun penggunaan metode pengajaran yang lebih bervariasi lagi.


Jadi, proyektor sendiri itu sangat dibutuhkan sebagai media sarana yang menunjang proses belajar mengajar kami di sekolah ini, bukan hanya untuh tempelan, pajangan, atau pun hiasan semata saja.

Leave a Reply

 
 

Followers

Penulis

Foto saya
Bandung/Jawa Barat, Indonesia
M.I.T (Mansaba Idea Team) sebuah tim yang dibentuk untuk sebuah perlombaan blog terkreatif yang dilaksanakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia.